Pemprov NTT Segera Bangun Bandara di Nagekeo

Kalau tidak ada aral yang melintang, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur akan melaksanakan pembangunan Bandar Udara di Kabupaten Nagekeo.

Kadis Perhubungan NTT Bruno Kupok mengatakan itu saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (27/2).

Pelaksanaan tahap pertama pembanunan itu, kata dia, akan dibangun landasan sepanjang 1.200 meter.

Ia mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan Bandara Surabaya 2 di Kabupaten Nagekeo direncanakan akhir Maret, paling lambat awal April 2012 ini.

“Untuk tahap I ini sudah disiapkan anggaran Rp40 miliar yang bersumber dari APBN,” terangnya. Pada tahap I ini, lanjutnya akan dibangun run way sepanjang 1200 meter, namun kedepannya akan menjadi bandara besar dengan panjang landasan 3000 meter lebih.

“Sementara untuk pendaratan pesawat-pesawat kecil, tapi kedepannya bisa untuk pesawat ukuran besar,” tandasnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya akan melakukan perluasan bandara di Tambulaka dari 2100 meter menjadi 3.000 meter.

Sementara itu, kata dia, untuk Bandara El Tari Kupang, sampai saat ini pemda belum ada rencana untuk investasi karena masih terbentur anggaran.

“Arahnya nanti pemda juga ingin berinvestasi untuk penyertaan modal, tapi saat ini masih terbentur anggaran,” tandasnya.

Sehingga saat ini Pemprov NTT masih mengharapkan bantuan dari pusat untuk pengembangan bandara El Tari.

“Kami men-support pengembangan yang dilakukan PT Angkasa Pura, apalagi untuk menyambut sale Komodo 2013 mendatang. Kami akan berjuang supaya mendapat bantuan anggaran dari pusat,” terangnya.

Kepala PT Angkasa Pura Kupang Iman Prato yang dikonfirmasi wartawan di Bandara El Tari Kupang, belum lama ini mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan Sail Komodo pasca terpilih menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia 2011, PT Angkasa Pura Kupang segera perluas Bandara El Tari Kupang.

Sesuai rencana, kata dia, dalam tahun anggaran 2012 akan dilakukan perluasan Bandara El Tari Kupang sepanjang 1.000 m2.

Selain melakukan perluasan, lanjutnya, dalam tahun ini juga pihaknya akan melakukan perluasan sejumlah fasilitas Bandara El Tari Kupang seperti lokasi parkir yang sebelumnya hanya menampung 150 kendaraan diperluas menjadi 250 kendaraan.

“Kita akan melakukan peningkatan fasilitas bandara Kupang,” katanya.

Anggaran yang disiapkan pihaknya untuk perluasan tersebut, lanjutnya, sebesar Rp75 miliar.

“Anggaran ini diusulkan sejak tahun 2011 lalu dan terealisasi tahun 2012,” katanya.

Namun demikian, tambahnya, sebelum pelaksanaan kegiatan pihaknya segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk sinkronisasi program.

Dia menambahkan, dengan perluasan bandara tersebut diharapkan dapat menunjang sektor pariwisata yang ada di Nusa Tenggara Timur. inilah.com

Bookmark the permalink.

Comments are closed.